Home » » Perjuangan Hidup Penambang Belerang

Perjuangan Hidup Penambang Belerang

Ini adalah sebuah potret dari perjuangan untuk bertahan hidup secara ekstrem,mengapa ekstrem ? karena resiko & kekuatan fisik yang dipertaruhkan untuk mendapatkan rupiah demi rupiah setiap harinya.Mereka seolah-olah menantang kerasnya Alam Dunia,karena penambangan belerang Kawah Ijen ini sangat beresiko kehilangan nyawa.



Mereka sebenarnya tidak mau,mencari duit dengan cara menambang belerang di Kawah Ijen.Tapi Ini adalah,suatu tuntutan faKtor ekonomi yang mengharuskan mereka melakukan kegiatan penambangan.Karena jelas sekali,penambangan membahayakan sekali bagi kesehatan tubuh mereka.



Banyak dari para penambang belerang di Kawah Ijen,yang hingga sekarang memiliki bekas di bagian lengan bahu yang menjadi berbentuk melengkung kedalam secara permanen.Bukan itu saja,beban yang mereka pikul setiap harinya dalam mengakut belerang adalah sekitar 70kg ke atas.Sungguh luar biasa perjuangan mereka tersebut dan patut di sebut Pahlawan Keluarga.



Itu belum seberapa,karena ukuran paru-paru mereka lebih besar disbanding ukuran paru-paru manusia pada umumnya.Hal tersebut,disebabkan oleh proses dari ketahan fisik karena terlalu sering menghirup udara dari bau belerang yang pekat di pusat penambangan belerang di Kawah Ijen.Mereka adalah manusia tangguh yang berjuang hidup untuk menghidupi keluarga mereka masing-masing

Dan ini bukan pilihan mereka,melainkan ini kondisi yang mewajibkan mereka melakukan hal tesebut.Ini juga sebagai contoh teladan orang tua yang bertanggung jawab atas penghidupan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar