Home » » Belajar Ikhlas Dari Uang Receh

Belajar Ikhlas Dari Uang Receh

Belajar ikhlas dari uang receh

Pada suatu hari Pras beserta istri dan anaknya pergi ke pusat perbelanjaan di pusat koto Jakarta. Mereka sekeluarga menghabiskan hari libur mereka dengan jalan- jalan dan berbelanja ria. mereka tampak ceria dengan semua yang ada di Mall itu. Nampak sang anak sangat senang karena dibelikan boneka dan juga baju baru oleh ibu dan ayahnya. Begitu pula dengan istri Pras yang Nampak girang saat memilih pakaian yang ia sukai.

Setelah puas berkeliling dan berbelanja, mereka makan di sebuah restouran cepat saji di dalam mall tempat mereka belanja. keakrapan Nampak jelas di raut wajah mereka. Hingga mereka sekeluarga memutuskan untuk pulang.

Sesampainya di pintu keluar mereka dikejutkan dengan seorang nenek tua dan anak kecil yang berpakaian kumal dan lusuh.
 dengan wajah yang memelas Nenek tua itu berkata “bu,,, kasian bu minta sedekahnya kami belum makan bu,,,”
Lalu kemudian istri pras membuka dompet, isi dompet sangat berfariasai mulai dari lima puluh ribuan hingga ratusan ribuan. Istri pras mengeluarkan uang yang terselip di antara pecahan seratus ribu di dalam dompetya. Lalu ia memberikan uang itu pada mnenek tua dan anak kecil itu, istri Pras memberikan seribu rupiah kepada kedua pengemis itu dan berkata “udah Pergi sana!”
Sang pengemis menatap istripras dan berkata “ mana cukup bu buat kami membeli makan.”

namun istri pras nyelonong saja tanpa mempedulikan nenek tua itu. Setelah keluar mereka sekeluarga kembali berjalan ke warung yang ada di pelataran pusat perbelanjaan itu. seng pengemis tua itu pun menatanya dengan penuh arti.
Pada saat bersamaan Pras keluar menuju ATM untuk mengambil gaji kerjanya. setelah keluar dari ATM Nampak dompet pras di penuhi uang ratusan ribu rupiah. Sang nenek pengemis tadi menghampirinya dan meminta sedekah kepdanya. Lalu Pras mengeluarkan pecahan sepuluh ribu kepada nenek pengemis itu.

Sang nenek lalu berkata “trimakasih tuan,,,semoga anda dan keluarga di beri rizki yang lebih, semoga anda selalu sehat, alhamdulilah nak kita bisa makan akhirnya,” ucap nenek tua itu kepada cucunya sambil berlali menuju ke warteg di dekat pusat perbelanjaan itu.
Pras terdiam bengong pandanganya tertuju pada nenek tua tadi. Istri dan anaknya menghampirinya.

“Ada apa pa..? Tanya istri pras, “aku baru memberi uang sepuluh ribu kepada pengemis tadi”. setelah mendengar kata itu sang istri Nampak protes, tetapi pras menjelaskan bahwa setelah ia memberi uang sepuluh ribu nenek pengemis itu berulang kali mengucap syukur kepada tuhan,dan juga mendoakan keluarga nya. “lihat nenek itu dengan uang sepuluh ribu dia bisa bersyukur sedangkan kita yang diberi rizki berlimpah tetapi tidak pernah mau bersyukur kepada tuhan.” ucap pras kepada sang istri.

Sobat info hikmah apa yang bisa kita ambil dari kisah di atas,? comen hikmah yang bisa dipetik dari kisah di atas ya sobat info semuanya.


4 komentar:

  1. Inspiratif gan artikelnya :D
    kadang hal hal sepele seperti inilah yang menjadi teladan bagi kita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan makasih ya udh baca artikel saya

      Hapus
  2. memang kita suka lupa klo sudah diberi nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan itu sifat manusia gan
      makasih ya udh baca artikel saya

      Hapus